OPEN OFFICE


.


OPEN OFFICE.Org
Open Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi.
OpenOffice.org, yang juga populer disebut sebagai ooo (atau oo.o) dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui ooo belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh OpenOffice.org. OpenOffice.org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:
· Word processing (Writer)
· Spreadsheet (Calc)
· Presentation (Impress)
· Database (Base)
· Drawing/Graphics (Draw)
· Formula/Math (Math)
· Macro
· dan lain sebagainya
Selain itu, ooo juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office. Kita akan membahas sepuluh diantaranya :
1. Ketersediaan source code
2. Berjalan pada banyak platform
3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya
4. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
7. Akses database yang luas dan transparan
8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office
9. Sangat customizeable
10. User interface yang konsisten antar komponen

PAKET APLIKASI OPEN OFFICE.Org
1. OpenOffice.org Writer
Aplikasi pengolah kata, merupakan padanan dari Microsoft Word. Untuk memulai OPenOffice.org Writer dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | Word Processor. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oowriter.
2. OpenOffice.org Calc
Aplikasi lembar kerja (spreadsheet), padanan dari Microsoft Excel. Untuk memulai OPenOffice.org Calc dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | spreadsheets. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oocalc. OPenOffice.org Calc memungkinkan Anda untuk memasukkan atau memanipulasi data personal maupun data bisnis. Jika Anda perlu membuat chart atau grafik untuk presentasi kelas atau bisnis, OPenOffice.org memiliki beberapa template chart dan grafik yang tersedia.
3. OpenOffice.org Impress
Aplikasi presentasi, padanan dari Microsoft PowerPoint. OPenOffice.org Impress adalah tool graphical yang dapat membantu Anda untuk membuat presentasi yang meyakinkan. Untuk memulai OPenOffice.org Impress dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | sppresentation. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah ooimpress.
4. OpenOffice.org Base
Aplikasi basis data, padanan dari Microsoft Access.
5. OpenOffice.org Draw
Aplikasi editor grafis dan percetakan. Untuk memulai OPenOffice.org Draw dari menu desktop, tidak tersedia. Anda dapat menjalankan dari menu Open Office.org File | New | Drawing, atau dari shell prompt, ketik perintah oodraw. Untuk mempelajari lebih jauh tentang semua paket aplikasi OpenOffice.org, klik Help | OpenOffice.org Help dari menu bar.

Posting Komentar